0812 1212 8714 [email protected]

Perbedaan Zoom Meeting dan Zoom Webinar

Home » Artikel » Perbedaan Zoom Meeting dan Zoom Webinar

Aplikasi Zoom telah menjadi salah satu alat konferensi video terpopuler. Zoom menawarkan dua layanan utama yang sering kita gunakan oleh berbagai kalangan, yaitu Zoom Meeting juga Zoom Webinar. Meskipun kedua penggunaannya bertujuan komunikasi, namun terdapat perbedaan signifikan antara arti dari zoom meeting. Artikel ini akan membahas secara mendetail tentang perbedaan Zoom Meeting dan Zoom Webinar, mulai dari fitur, penggunaan, hingga manfaatnya.

 

Perbedaan Zoom Meeting dan Zoom Webinar

 

Zoom Meeting & Zoom Webinar: Arti

Zoom Meeting (ZM)

Zoom Meeting adalah layanan konferensi video yg memungkinkan partisipan berinteraksi langsung. Pada ZM, setiap partisipan yang dapat berbicara, share screen, dan berkolaborasi secara real-time. Ini adalah pilihan ideal untuk pertemuan tim, diskusi berkelompok, dan kolaborasi proyek.

Zoom Webinar (ZW)

ZW, di sisi lain, adalah layanan yang dirancang buat presentasi skala besar dengan jumlah lebih banyak. Pada moda ini, hanya pembicara atau panelis yang berbicara juga share screen, sementara partisipan umumnya hanya bisa menonton juga mendengarkan. Fitur tersebut cocok terbaik untuk seminar, pelatihan, juga acara-acara melibatkan audiens besar.

 

Fitur Utama interaksi dua arah

 

Fitur Utama Zoom Meeting

Interaksi Dua Arah

Satu dari beberapa fitur utama dari ZM adalah interaksi dua arah. Setiap partisipan dapat berbicara, menyalakan kamera, juga berpartisipasi aktif dalam diskusi. Ini membuat ZM cukup efektif untuk rapat kerja juga kolaborasi tim.

Share Screen

Fitur share screen memungkinkan partisipan untuk menunjukkan dokumen, presentasi, atau aplikasi kepada yg lainnya. Hal tersebut sangat bermanfaat buat presentasi, demonstrasi produk, maupun berbagai pelatihan.

 

share screen

 

Fitur Utama

Mode Presentasi

ZW dirancang untuk mode presentasi di mana hanya pembicara atau panelis yg bisa berbicara serta share screen. Partisipan umumnya hanya bisa melihat juga mendengarkan, membuat aliran informasi lebih terkontrol juga terstruktur.

 

mode presentasi

 

Pendaftaran Partisipan

Mempunyai fitur canggih berupa pendaftaran peserta memungkinkan penyelenggara acara untuk mengelolamereka sebelum acara mulai. Termasuk mengumpulkan informasi partisipan juga mengirim undangan secara otomatis.

 

Perbedaan Zoom Meeting dan Zoom Webinar: zoom registration

 

Penggunaan Zoom Meeting

Pertemuan Tim

ZM ideal untuk pertemuan tim karena memungkinkan semua anggota tim untuk berkomunikasi langsung serta berkolaborasi. Setiap partisipan dapat berbagi ide juga memberikan masukan secara real-time.

Diskusi Kelompok

ZM juga cocok untuk diskusi berkelompok, di mana setiap anggota kelompok dapat berpartisipasi aktif, membuat proses brainstorming juga pemecahan masalah menjadi lebih efektif.

 

Penggunaan Webinar

Seminar Online

ZW merupakan pilihan tepat bagi pihak yg hendak menyelenggarakan seminar secara online. Pembicara dapat memberikan presentasi kepada audiens besar tanpa gangguan, sementara mereka dapat mengajukan pertanyaan melalui fitur Q&A.

Pelatihan juga Workshop

Zoom model ini juga cocok buat pelatihan juga workshop dengan banyak partisipan. Pembicara dapat memberikan materi pelatihan dengan cara terstruktur juga terorganisir.

Baca juga 47 Konsep Webinar Menarik yang Perlu Anda Pikirkan 

 

Manfaat Zoom Meeting

Kolaborasi Efektif

Salah satu manfaat utama ZM adalah kolaborasi yang efektif. Fitur interaksi dua arah memungkinkan semua partisipan untuk berkontribusi juga bekerja sama ketika menyelesaikan tugas.

Fleksibilitas

ZM memberikan fleksibilitas tinggi karena dapat kita gunakan untuk berbagai jenis pertemuan, mulai rapat kerja hingga diskusi proyek, membuat ZM menjadi alat serbaguna dalam dunia bisnis serta pendidikan.

 

Manfaat Zoom Webinar

Kemudahan Pengelolaan

ZW menyediakan alat yang membantu penyelenggara mengelola partisipan dengan mudah. Fitur pendaftaran serta laporannya memudahkan penyelenggara untuk melacak siapa saja yg hadir juga mengumpulkan umpan balik.

Presentasi Terstruktur

ZW memungkinkan pembicara untuk memberikan presentasi dengan cara terstruktur. Partisipan jadi bisa fokus pada materi tanpa terganggu oleh interaksi partisipan lain.

 

Perbedaan Zoom Meeting Vs. Zoom Webinar Dalam Tabel

ASPEK ZOOM MEETING ZOOM WEBINAR
Jumlah Peserta Hingga 1.000 partisipan Tidak terbatas
Interaksi Partisipan Peserta bisa berinteraksi langsung, mengaktifkan video, dan berbicara Hingga 1.000 peserta (dengan opsi tambahan untuk 10.000 peserta dengan paket Webinar)
Kontrol Host Host memiliki kontrol penuh, tetapi partisipan bebas berinteraksi Perekaman lokal dan cloud dengan kapasitas penyimpanan  besar
Fitur Q&A Tidak tersedia fitur Q&A khusus Tersedia dengan fitur tambahan dan manajemen lebih baik
Chat Semua partisipan bisa mengirim pesan chat, baik secara publik maupun pribadi Dukungan 24/7 melalui telepon, chat, dan email
Raise Hand Partisipan bisa menggunakan fitur raise hand untuk meminta izin berbicara atau memberikan pendapat Tersedia, termasuk dashboard admin, kontrol pengguna, dan integrasi SSO
Pemutaran Video Semua partisipan dapat memutar video mereka sendiri, memungkinkan komunikasi visual yg lebih personal Tersedia, termasuk branding perusahaan dan URL kustom
Perekaman Otomatis Host dapat mengatur perekaman otomatis untuk mendokumentasikan rapat Tersedia dengan tambahan biaya, memungkinkan untuk mengadakan webinar dengan ribuan peserta
Harga Relatif lebih murah, cocok untuk penggunaan sehari-hari oleh tim kecil – menengah Laporan dan analisis mendalam tentang penggunaan, partisipasi, dan keterlibatan
Aplikasi Digunakan untuk rapat tim kecil – menengah, diskusi berkelompok, dan kelas online Keamanan tambahan termasuk enkripsi end-to-end dan kontrol kepatuhan data

 

 

Perbedaan Zoom Meeting dan Zoom Webinar: Kapasitasnya

Kapasitas Zoom Meeting

ZM biasanya memiliki batas partisipan lebih kecil ketimbang dengan ZW. Versi gratis ZM memungkinkan hingga 100 peserta, sementara versi berbayar dapat mendukung lebih banyak partisipan tergantung pada paketnya.

Kapasitas ZW

Zoom pada Webinar dapat menampung partisipan dalam jumlah sangat besar, hingga 10.000 partisipan tergantung pilihan paket, membuat ZW ideal buat acara-acara dengan audiens besar.

 

Perbedaan Zoom Meeting dan Zoom Webinar: versi berbayar dan gratis

 

Perbedaan dalam Biaya

Biaya Zoom Meeting

ZM tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Versi gratis memiliki batas waktu 40 menit pertemuan dengan 3 peserta. Versi berbayar menawarkan fitur tambahan seperti rekaman pertemuan juga laporan partisipan.

Biaya ZW

Adalah layanan berbayar dengan berbagai paket harga tergantung pada jumlah partisipan dan fitur yang dibutuhkan. Biaya ZW biasanya lebih tinggi daripada ZM karena dirancang buat acara berskala besar.

 

Perbedaan dalam Fitur Q&A dan Polling

Fitur Q&A di Zoom Meeting

ZM mempunyai fitur chat untuk memungkinkan partisipan untuk bertanya juga berinteraksi selama pertemuan. Namun, fitur Q&A lebih terstruktur biasanya tidak tersedia dalam Zoom Meeting.

Fitur Q&A di Zoom Webinar

ZW menyediakan fitur Q&A untuk memungkinkan partisipan untuk bertanya secara terorganisir. Pembicara atau panelis dapat menjawab pertanyaan secara langsung atau memilih pertanyaan untuk dijawab nanti. Selain itu, ia mendukung fitur polling yang penting buat mengumpulkan feedback.

 

Rekaman di Zoom Meeting dan webinar

 

Rekaman dan Penyimpanan

Rekaman di Zoom Meeting

ZM memungkinkan penyelenggara untuk merekam pertemuan dan menyimpannya di cloud atau perangkat lokal, memudahkan untuk mereview kembali pertemuan juga membagikan rekaman buat peserta, khususnya yang tidak bisa hadir.

Rekaman di Zoom Webinar

Pada fitur ini memiliki fitur rekaman yang memungkinkan penyelenggara untuk merekam seluruh sesi webinar. Rekaman dapat Anda simpan juga bagikan ke peserta setelah acara selesai, memastikan semua informasi tetap dapat diakses.

 

Interaksi Partisipan

Interaksi di Zoom Meeting

Dalam ZM, interaksi peserta sangat tinggi. Partisipan bisa berbicara, berkolaborasi, juga berpartisipasi aktif dalam diskusi. Fitur seperti breakout rooms juga memungkinkan pembagian kelompok kecil untuk diskusi lebih mendalam.

Interaksi di Zoom Webinar

ZW justru membatasi interaksi peserta agar lebih fokus pada pembicara. Partisipan hanya dapat menonton juga mendengarkan, sementara interaksi terbatas pada fitur Q&A dan chat, membantu menjaga jalannya presentasi tetap terstruktur dan fokus.

 

Pengaturan Moderator

Pengaturan Moderator di Zoom Meeting

Dalam ZM, moderator atau host memiliki kendali penuh atas pertemuan. Host dapat mengelola peserta, seperti mengizinkan partisipan berbicara, juga mengatur fitur berbagi layar (share screen). Namun di sisi lainnya, peserta juga memiliki kontrol yang juga besar.

Pengaturan Moderator di Zoom Webinar

Dalam Zoom Webinar, peran moderator amat penting. Moderator mengelola alur acara, mengatur panelis, dan mengelola sesi Q&A. Moderator tentunya juga akan memastikan kalau presentasi berjalan lancar tanpa ada gangguan.

 

Keamanan di Zoom Meeting dan webinar

 

Keamanan dan Privasi

Keamanan di Zoom Meeting

ZM menyediakan berbagai fitur keamanan seperti ruang tunggu, kunci pertemuan, dan kontrol izin peserta, memastikan bahwa pertemuan hanya dihadiri oleh peserta yang diundang dan privasi tetap terjaga.

Keamanan di Zoom Webinar

ZW menawarkan fitur keamanan tambahan seperti registrasi peserta juga enkripsi data. Sangat penting buat acara-acara yang bersifat sensitif maupun peserta yang banyak.

 

Customization dan Branding

Customization di Zoom Meeting

ZM memungkinkan host untuk menyesuaikan beberapa aspek pertemuan seperti latar belakang virtual dan logo perusahaan. Namun, tingkat kustomisasi terbatas dibandingkan dengan Zoom Webinar.

Customization di Zoom Webinar

ZW menawarkan lebih banyak opsi kustomisasi dan branding. Penyelenggara dapat menambahkan logo, banner, dan tema khusus untuk memperkuat branding acara, memberikan pengalaman yg lebih profesional juga terpersonalisasi bagi peserta.

 

Zoom Versi Gratis Dengan Berbayar Dalam Tabel

ASPEK VERSI GRATIS VERSI BERBAYAR
Durasi Rapat Maksimal 40 menit untuk rapat dengan lebih dari 2 peserta Hingga 10.000 peserta
Jumlah Peserta Maksimal 100 peserta Interaksi peserta terbatas, hanya panelis dan host yang bisa berbicara dan mengaktifkan video
Rekaman Hanya perekaman lokal Host memiliki kontrol lebih besar, membatasi interaksi peserta untuk menjaga fokus pada pembicara utama
Fitur Breakout Rooms Tersedia, tetapi terbatas Tersedia fitur Q&A yang memungkinkan peserta mengajukan pertanyaan dan mendapatkan jawaban dari panelis
Dukungan Pelanggan Dukungan dasar melalui chat dan email Partisipan dapat mengirim pesan kepada host & panelis, tetapi tidak kepada peserta lain
Fitur Pengelolaan Pengguna Tidak tersedia Peserta dapat menggunakan fitur raise hand, tetapi host yang mengelola siapa yg dapat berbicara
Branding dan Kustomisasi Tidak tersedia Hanya host dan panelis yg dapat memutar video, menjaga fokus pada pembicara utama
Fitur Webinar Tidak tersedia Perekaman otomatis oleh host, ideal untuk dokumentasi acara skala besar & pembagian rekaman kepada peserta
Laporan dan Analisis Terbatas Relatif lebih mahal, tetapi menawarkan fitur tambahan yang mendukung acara skala besar dan lebih terstruktur
Fitur Keamanan Tambahan Dasar Digunakan untuk seminar, konferensi, dan presentasi skala besar yang memerlukan manajemen peserta yang lebih ketat

 

Penggunaan di Sektor Bisnis

Zoom Meeting di Sektor Bisnis

Zoom Meeting sering digunakan dalam sektor bisnis untuk rapat internal, kolaborasi tim, dan diskusi proyek. Fitur interaktifnya akan mendukung komunikasi yang lebih efektif juga dan efisien.

Zoom Webinar di Sektor Bisnis

Zoom Webinar lebih cocok buat acara bisnis seperti seminar, presentasi produk, dan pelatihan skala besar. Ini memungkinkan perusahaan untuk menjangkau audiens yang lebih luas dengan cara yang profesional juga terstruktur.

 

Penggunaan di Sektor Pendidikan

Zoom Meeting di Sektor Pendidikan

Zoom Meeting banyak digunakan di sektor pendidikan untuk kelas online, diskusi berkelompok, dan bimbingan. Fitur interaktifnya membantu menciptakan lingkungan belajar yang kolaboratif dan dinamis.

Zoom Webinar di Sektor Pendidikan

Zoom Webinar cocok buat kuliah umum, seminar akademik, dan pelatihan guru. Ini memungkinkan penyelenggaraan acara pendidikan dengan audiens yang besar tanpa mengorbankan kualitas presentasi.

 

Penggunaan di Sektor Pemerintah

Zoom Meeting di Sektor Pemerintah

Zoom Meeting penggunaannya oleh lembaga pemerintah untuk rapat internal, diskusi kebijakan, dan koordinasi antar departemen. Fitur keamanan akan memastikan bahwa setiap pertemuan aman juga tentu saja dengan privasi yang terjaga.

Zoom Webinar di Sektor Pemerintah

Zoom Webinar penggunaannya biasanya untuk penyuluhan publik, seminar kebijakan, dan acara publik lainnya. Ini memungkinkan pemerintah untuk berkomunikasi dengan warga secara efektif dan efisien.

 

Penggunaan di Sektor Kesehatan

Zoom Meeting di Sektor Kesehatan

ZM penggunaannya oleh profesional kesehatan untuk konsultasi pasien, diskusi kasus, dan pelatihan medis. Fitur video serta share screen mendukung komunikasi yang jelas dan kolaboratif.

Zoom Webinar di Sektor Kesehatan

Zoom Webinar penggunaannya bisa untuk seminar kesehatan, pelatihan profesional, dan kampanye kesehatan publik. Ini memungkinkan penyampaian informasi kesehatan kepada audiens yang besar dengan cara yang terstruktur dan profesional.