0812 1212 8714 info@tiwebpro.com

6 Cara Mencari Kata Kunci di Web Pesaing Anda

Apakah Anda ingin mengungguli pesaing Anda dan menduduki peringkat pertama di Google? Jika demikian, maka artikel ini adalah bacaan wajib buat Anda!
Home » Tips & Tricks » 6 Cara Mencari Kata Kunci di Web Pesaing Anda
#CaraMencariKataKunci #KeywordResearch #SEOStrategy #OptimasiSEO #KataKunciWebsite #AnalisisKataKunci #RankingGoogle #TrafikOrganik #StrategiPemasaranOnline #DigitalMarketing

Google merupakan search engine terbaik di dunia. Ia mengeluarkan hasil pencarian yang akurat dalam hitungan dan juga sangat cepat. Tidak mudah menjadi peringkat pertama dalam suatu kata kunci, karena pasti Anda bersaing dengan ribuan website serupa. Jika ingin mengungguli pesaing Anda dan menduduki peringkat pertama di Google, mulailah dengan menerapkan cara efektif pencarian kata kunci. Maka dari itu artikel ini akan memberikan panduan praktis tentang enam cara mencari kata kunci di web pesaing sehingga situs Anda dapat memaksimalkan potensi SEO dan mencapai kesuksesan online yang lebih besar.

 

Mengapa Penting ? 

Pencarian situs web untuk kata kunci memungkinkan Anda menemukan kata kunci atau topik tertentu di situs web individual. Ada beberapa cara mencari situs dengan kata kunci. Maka metode yang Anda pilih bergantung pada alasan Anda mencari kata kunci. Berikut ini adalah 6 alasan penting mengapa perlu mencari kata kunci di situs web mana pun yang seniche dengan website Anda.

  1. Identifikasi peluang backlink: Mendapatkan situs web yang relevan untuk penerapan strategi backlink.
  2. Riset keyword: Cari ide dan topik kata kunci baru yang belum Anda sertakan dalam konten Anda.
  3. Memata-matai pesaing Anda: Evaluasi konten pesaing untuk melihat bagaimana mereka membuat konten tentang topik tertentu.
  4. Telusuri statistik: Menemukan data yang baru-baru ini Anda baca.
  5. Memantau kinerja: Melihat halaman mana saja yang mendapat peringkat untuk kata kunci tertentu.
  6. Mengisi kesenjangan konten: Mengevaluasi konten yang mungkin masih perlu penambahan pada topik tertentu.

 

Cara Kerja Keyword

Bagaimana Google Menilai Keyword?

Google menggunakan algoritma yang kompleks untuk menilai relevansi suatu halaman web dengan keyword yang dicari oleh pengguna. Algoritma ini mempertimbangkan berbagai faktor, termasuk penggunaan keyword dalam judul halaman, teks konten, tag meta, URL, dan faktor-faktor lainnya. Oleh karena itu, halaman web yang paling relevan dengan keyword yang dicari akan diberikan peringkat yang lebih tinggi dalam hasil pencarian.

Cara Mengoptimalkan Penggunaan Keyword

Penelitian Keyword

Langkah pertama dalam mengoptimalkan penggunaan keyword adalah dengan melakukan penelitian keyword yang cermat. Gunakanlah alat bantu seperti Google Keyword Planner, SEMrush, ataupun Ubersuggest untuk menemukan keyword yang relevan dengan niche atau industri Anda. Lalu pilihlah keyword yang memiliki volume pencarian tinggi namun juga memiliki tingkat persaingan yang terjangkau. Baca juga: 10 Alat Gratis Untuk Cek Traffic Website Anda.

Integrasi Keyword Secara Alami

Setelah Anda menemukan keyword yang tepat, selanjutnya adalah mengintegrasikannya secara alami ke dalam konten Anda. Pastikan untuk menggunakan keyword dalam judul halaman, teks konten, tag meta, dan URL. Namun, hindari melakukan “keyword stuffing” di mana keyword disisipkan secara berlebihan dalam konten hanya untuk meningkatkan peringkat. Google menghargai konten yang relevan juga bermutu tinggi, bukan sekadar kumpulan keyword.

Menganalisis Kinerja Keyword

Penting untuk terus memantau kinerja keyword Anda dan melakukan penyesuaian sesuai kebutuhan. Oleh karena itu,  gunakanlah alat analisis SEO untuk melacak perubahan dalam posisi peringkat dan volume pencarian keyword Anda. Ini akan membantu Anda mengetahui apakah keyword yang Anda gunakan efektif atau perlu peningkatan.

Mengoptimalkan untuk Pencarian Lokal

Jika bisnis Anda beroperasi secara lokal, jangan lupa untuk mengoptimalkan penggunaan keyword untuk pencarian lokal. Gunakan keyword yang mencakup nama kota atau daerah tempat bisnis Anda berada untuk meningkatkan visibilitas situs web Anda dalam hasil pencarian lokal.

Menggunakan Variasi Keyword

Selain menggunakan keyword utama, jangan ragu untuk menggunakan variasi keyword atau long-tail keyword yang relevan. Ini dapat membantu Anda menjangkau audiens yang lebih luas dan menangkap pencarian yang lebih spesifik.

Menggunakan Taktik Off-Page SEO

Selain mengoptimalkan keyword dalam konten Anda, jangan lupa untuk menggunakan taktik off-page SEO seperti backlinking untuk meningkatkan otoritas situs web Anda dalam mata Google. Backlink dari situs-situs otoritatif dapat membantu meningkatkan peringkat situs web Anda dalam hasil pencarian.

 

Cara Menentukan Keyword

Penentuan keyword yang tepat adalah langkah penting pertama dalam proses dan pelaksanaan strategi SEO Anda. Maka keyword yang tepat akan membantu situs web Anda muncul di hasil pencarian yang relevan dengan audiens Anda. Dengan menargetkan keyword yang tepat, Anda dapat meningkatkan visibilitas situs web Anda, menjangkau audiens yang lebih luas, dan akhirnya mendominasi peringkat satu di Google. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk Menentukan Keyword:

Pemahaman tentang Niche Anda

Langkah pertama dalam menentukan keyword adalah dengan memahami niche atau industri Anda. Apa yang menjadi fokus utama dari situs web atau bisnis Anda? Siapa target audiens Anda? Dengan memahami niche Anda dengan baik, Anda dapat mengidentifikasi kata kunci yang paling relevan dan berpotensi untuk meningkatkan peringkat situs web Anda.

Penelitian Kata Kunci

Setelah Anda memiliki pemahaman yang kuat tentang niche Anda, langkah berikutnya adalah melakukan penelitian kata kunci. Gunakan alat pencari kata kunci seperti Google Keyword Planner, SEMrush, atau Ubersuggest untuk menemukan kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda. Faktor-faktor yang perlu menjadi pertimbangan dalam penelitian kata kunci termasuk volume pencarian bulanan, tingkat persaingan, dan relevansi dengan niche Anda.

Analisis Pesaing

Salah satu cara terbaik untuk menemukan kata kunci yang efektif adalah dengan menganalisis pesaing Anda. Tinjau situs web pesaing Anda dan identifikasi kata kunci yang mereka gunakan dalam konten mereka. Sehingga langkah ini dapat memberi Anda wawasan berharga tentang kata kunci potensial yang mungkin telah Anda lewatkan.

Menggunakan Variasi Kata Kunci

Selain menargetkan kata kunci utama, jangan ragu untuk menggunakan variasi kata kunci atau long-tail keywords. Long-tail keywords adalah frasa yang lebih panjang dan spesifik yang sering digunakan oleh pengguna yang mencari informasi lebih rinci. Mencakup variasi kata kunci ini dalam konten Anda dapat membantu Anda menjangkau audiens yang lebih spesifik dan mengurangi tingkat persaingan.

Pemantauan dan Penyesuaian

Setelah Anda menentukan kata kunci yang tepat, lalu penting untuk terus memantau dan mengevaluasi kinerjanya. Gunakan alat analisis SEO untuk melacak perubahan dalam peringkat kata kunci Anda dan volume pencarian mereka. Jika perlu, lakukan penyesuaian strategi Anda untuk mencapai hasil yang lebih baik.

Penggunaan Kata Kunci Secara Alami

Saat mengoptimalkan konten Anda untuk kata kunci, sebagai tambahan, pastikanlah untuk menggunakan kata kunci secara alami dan relevan. Hindari melakukan “keyword stuffing” di mana kata kunci disisipkan secara berlebihan dalam konten hanya untuk meningkatkan peringkat. Google menghargai konten yang berkualitas dan relevan bagi pengguna.

 

6 Cara Cari Keyword Web Pesaing Anda

Ada berbagai cara untuk mencari kata kunci di situs web. Metode yang Anda pilih bergantung pada alasan Anda mencari kata kunci spesifik tersebut. Berikut ini enam metode untuk membantu Anda mencari kata kunci di situs web pesaing.

CTRL+F atau Command+F

Cara ini adalah yang paling sederhana yang berguna untuk mencari frekuensi kata kunci atau frasa tertentu di halaman website tertentu. Begini cara melakukannya:

  1. Tekan Ctrl+F (untuk windows) atau Command+F (Mac)
  2. Masukkan kata kunci dalam kolom pencarian
  3. Periksa jumlah kata kunci pada halaman.
  4. Kata kunci atau frase tertentu akan muncul disorot pada halaman.

Gunakan Kotak Pencarian Web yang Hendak Anda Mata-matai”

Biasanya suatu website punya box pencariannya sendiri yang bisa kita manfaatkan. Jangan remehkan fitur yang biasanya terletak di pojok kanan atas halaman beranda.ini, karena 40% pengguna website menganggap fitur kotak pencarian penting.

Ini adalah metode kedua yang paling mudah menemukan kata kunci tertentu di situs web. Namun perlu diingat, tidak semua web memiliki fitur ini. Kalaupun ada, kualitas hasil pencariannya mungkin kurang memuaskan buat beberapa orang.

Page Source HTML

Cara sederhana gratis. Jika Anda ingin mengidentifikasi kata kunci yang tepat yang digunakan halaman web, lihat saja sumber HTML halaman. Dengan cara ini Anda bisa tahu kata kunci apa yang digunakan pesaing Anda dalam deskripsi meta, teks alternatif, dan header.

Caranya:

  1. Klik kanan pada halaman dan pilih “Lihat Sumber Halaman”, atau tekan Ctrl+U atau  menekan Command+F di Mac.
  2. Teliti bagian judul deskripsi halaman (<meta name=“description”>) disanalah keyword pesaing Anda berada.

Wordtracker

Untuk mendapatkan semua fitur wordtracker Anda harus merogoh kocek 10$ per bulan. Jangan khawatir Ada versi yang gratis. Penggunaannya sangat mudah sekali, Anda tinggal memasukan url website yang hendak Anda mata-matai, tidak pake waktu lama Anda sudah mengidentifikasi kata kunci website yang Anda sasar.

Google Keyword Planner

Merupakan tool gratis bawaan dari Google Ads yang untuk riset keyword website pesaing, bagus juga untuk keperluan campaign pencarian berbayar (PPC), juga organik (SEO). Anda harus memiliki akun Google Ads terlebih dahulu untuk memakai tool ini .

Untuk melakukan aktivitas memata-matai pilih Start with a website lalu masukkan url website yang henda Anda teliti dan klik ‘Get Results’ dan Google Keyword Planner menampilkan berbagai keywords.

Website SEO Checker – Spy Keywords

Satu lagi alat pengecekan website pesaing tak perlu mengeluarkan uang sesenpun: Website SEO Checker – Spy Keywords. Kabar baiknya, alat ini mampu mengungkap rahasia pemasaran pesaing utama Anda dan formula rahasia apa yang mereka terapkan.

 

Sumber:

Cara Mengetahui Kata Kunci yang Paling Dicari – wikihow
How to Find a Website’s Keywords (Organic & Paid) – ahrefs