0812 1212 8714 [email protected]

Apa Itu Google Keyword Planner dan Cara Penggunaannya

Home » Tips & Tricks » Apa Itu Google Keyword Planner dan Cara Penggunaannya
#GoogleKeywordPlanner #RisetKataKunci #AlatSEO #OptimasiPencarian #StrategiSEO #PenggunaanKeyword #PemasaranDigital #AnalisisKataKunci #SEOTools #KeywordPlanner

Dalam dunia digital marketing, kata kunci (keyword) memegang peranan penting. Memilih kata kunci yang tepat dapat menambah visibilitas dan daya tarik konten Anda. Maka salah satu alat yang paling berguna dalam rangka menemukan keyword yang tepat adalah Google Keyword Planner. Pada artikel ini kami akan membahas apakah itu Google Keyword Planner dan bagaimana cara penggunaannya secara tepat.

 

Definisi GKP

Google Keyword Planner (GKP) adalah alat gratis dari Google yang dirancang untuk membantu pengiklan temukan keywords yang relevan untuk kampanye mereka. Tidak hanya itu, alat ini tidak hanya bermanfaat untuk iklan berbayar tetapi juga sangat berguna untuk strategi SEO organik. Jadi dengan menggunakan GKP, dengan demikian Anda dapat menemukan kw baru, serta untuk mendapatkan pemahanan berapa vol pencariannya, dan mengidentifikasi persaingan.

 

Manfaat Menggunakan GKP

Menggunakan GKP memiliki banyak manfaat. Pertama, alat ini memungkinkan Anda menemukn keywords yang relevan dengan bisnis atau niche Anda. Selanjutnya, Anda akan mendapatkan volume pencarian bulanan untuk kata kunci tertentu, yang membantu Anda memahami seberapa populer kata kunci tersebut. terakhir, Anda dapat menganalisa level persaingan keyword, sehingga Anda dapat memilih kata kunci yang tidak terlalu kompetitif.

 

apa itu google keyword planner

 

Cara Akses

Untuk mengaksesnya, tentulah Anda memerlukan akun Google Ads. Jika Anda belum memiliki akun, maka Anda dapat mendaftarnya secara gratis. Setelah masuk ke akun Google Ads, kemudian Anda dapat menemukan GKP di menu alat dan pengaturan. Dengan beberapa klik, maka Anda sudah siap untuk mulai mengeksplorasi keywords.

 

Cara Penggunaannya

Menggunakan GKP dengan tepat adalah kunci untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Pertama, masukkan kata kunci atau frasa yang relevan dengan bisnis Anda. Selanjutnya, tools dari Google ini akan memberikan daftar kata kunci terkait beserta metrik penting seperti vol. pencarian juga persaingannya. Jadi, Anda dapat menyaring dan mengurutkan data ini demi menemukan keyword yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

Menemukan Keyword Baru

Salah satu fitur terbaik dari GKP adalah kemampuannya untuk menemukan keyword baru. Dengan memasukkan satu atau beberapa kata kunci, lalu alat ini akan menghasilkan berbagai kata kunci terkait yang mungkin belum Anda pikirkan. Oleh karena itu, langkah ini sangat berguna untuk memperluas jangkauan konten Anda dan menarik semakin banyak pengunjung.

 

Analisis Volume Pencarian

Volume pencarian adalah metrik penting dalam SEO. Dengan GKP, maka Anda dapat memprediksi berapa kali kata kunci tertentu dicari setiap bulan. Dengan kata lain, proses ini membantu Anda memahami tren pencarian dan memilih kata kunci yang memiliki potensi untuk mendatangkan traffic yang tinggi ke website Anda.

 

Menilai Level Persaingan

Tidak semua kata kunci mudah untuk dirangking. Beberapa kata kunci memiliki persaingan yang sangat tinggi. Dengan alat ini, maka Anda dapat menebak persaingan untuk setiap kata kunci. Proses ini membantu Anda memilih kata kunci yg lebih mudah untuk dirangking, sehingga tentu  akan tingkatkan peluang Anda untuk muncul di halaman satu hasil pencarian.

 

Menyusun Rencana Kata Kunci

Setelah mendapatkan kata kunci yang tepat, langkah selanjutnya adalah menyusun rencana kata kunci. Dengan Google Keyword Planner, maka Anda dapat membuat daftar kata kunci yang akan Anda targetkan dalam konten Anda. Lalu pastikanlah untuk menyertakan variasi kata kunci untuk menjangkau audiens lebih luas.

 

Memonitor dan Menyesuaikan Strategi

SEO adalah proses yang berkelanjutan. Setelah menerapkan kata kunci dalam konten Anda, maka selanjutnya penting untuk selalu memonitor kinerja kata kunci tersebut. Google Keyword Planner dapat membantu Anda melihat perubahan volume pencarian dan persaingan, sehingga Anda dapat menyesuaikan strategi Anda sesuai dengan tren terbaru.

 

FAQ’s & Kesimpulan Tentang GKP

FAQ’s

Cara Mengakses Google Keyword Planner?

Untuk mengakses Google Keyword Planner, tentulah Anda perlu memiliki akun Google Ads. Setelah masuk ke akun Google Ads Anda, lalu cari di menu “Tools and Settings”, kemudian langsung klik saja dan Anda siap untuk mulai mengeksplorasi kata kunci.

Apakah Manfaat Menggunakan Google Keyword Planner?

Menggunakan Google Keyword Planner memberikan banyak manfaat, termasuk mendapatkan kata kunci baru, memprediksi volume pencarian bulanan, juga mengidentifikasi persaingan kata kunci. Ini membantu Anda menyusun strategi SEO yang efektif.

Mendapatkan Kata Kunci Baru dengan Google Keyword Planner Caranya?

Anda dapat menemukan kata kunci baru dengan memasukkan kata kunci atau frasa yang relevan ke dalam alat ini. Google Keyword Planner akan menampilkan daftar kata kunci terkait yang mungkin belum Anda pikirkan, serta membantu Anda memperluas jangkauan konten Anda.

Cara Kita Tahu Volume Pencarian dengan Google Keyword Planner Bagaimana ?

Setelah memasukkan kata kunci, lalu tools ini akan menampilkan volume pencarian bulanan untuk kata kunci tersebut. Ini memberi Anda gambaran tentang seberapa sering kata kunci tersebut dicari oleh pengguna.

Cara Menilai Tingkat Persaingan Kata Kunci?

Google Keyword Planner menunjukkan tingkat persaingan untuk setiap kata kunci. Oleh karena itu lewat tingkat persaingan ini membantu Anda memilih kata kunci yang lebih mudah untuk dirangking, untuk kemudian memperbesar peluang Anda untuk muncul di halaman awal hasil pencarian.

Apakah Google Keyword Planner Gratis?

Ya, Google Keyword Planner merupakan alat gratis yang tersedia untuk semua pengguna Google Ads. Dengan alat bantuan ini, maka Anda hanya perlu membuat akun Google Ads untuk mengaksesnya.

Cara Menggunakan Google Keyword Planner untuk SEO?

Untuk menggunakan Google Keyword Planner dalam strategi SEO, mulailah memasukkan kata kunci yang relevan dgn bisnis Anda. Melalui analisis hasil yang diberikan, fokuslah pada kata kunci dengan volume pencarian tinggi dan persaingan rendah serta selalu gunakan kata kunci ini dalam konten Anda.

Apakah Google Keyword Planner Hanya Berguna untuk Iklan Berbayar?

Meskipun dirancang untuk membantu pengiklan Google Ads, namun Google Keyword Planner juga sangat berguna untuk SEO organik. Jadi Anda dapat menggunakan alat ini untuk mnemukan keyword yang relevan dan mengoptimalkan konten website Anda.

Bagaimanakah Cara Mengoptimalkan Penggunaan Google Keyword Planner?

Untuk mengoptimalkan penggunaan Google Keyword Planner, maka dari itu pastikanlah untuk selalu memasukkan berbagai variasi kata kunci yang relevan. Selalu gunakan fitur penyaringan untuk menargetkan kata kunci yang sesuai dengan strategi Anda serta terus memantau kinerja kata kunci untuk menyesuaikan strategi Anda sesuai kebutuhan.

Dengan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini, maka Anda diharapkan mampu memahami lebih baik tentang Google Keyword Planner dan cara penggunaannya untuk meningkatkan strategi SEO dan kampanye iklan Anda.

Kesimpulan

Google Keyword Planner adalah alat yang sangat berguna untuk siapa saja yang ingin meningkatkan strategi SEO mereka. Dengan memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia, maka Anda dapat menemukan kata kunci yang relevan, menganalisis volume pencarian, serta juga menilai tingkat persaingan. Cara penggunaan Google Keyword Planner yang benar akan membantu Anda menyusun rencana kata kunci yang efektif juga memonitor kinerja kata kunci secara berkelanjutan.

 

# filter new keywords suggestions overview average search volume traffic monthly choose keyword ideas find new keywords tool shows bid filter campaign results page related discover search average find campaign locations top click range search filter site related bid target plan page search add bid start share clicks sign filter #