0812 1212 8714 [email protected]

Cara Penggunaan Google Webmaster Console Terlengkap

Home » Tips & Tricks » Cara Penggunaan Google Webmaster Console Terlengkap

Google Webmaster Console (GWC), atau sekarang kita kenal sebagai Google Search Console, adalah alat gratis dari Google yang membantu pemilik situs web memantau dan mempertahankan keberadaan situs mereka di hasil pencarian Google. Artikel ini akan membahas cara penggunaan Google Webmaster Console secara lengkap dan mudah kita pahami. Oleh karena itu, maka kami akan memberikan panduan langkah demi langkah agar Anda dapat memaksimalkan penggunaan alat ini untuk meningkatkan SEO dan kinerja situs web Anda.

 

webmaster console

 

Apa Itu GWC?

Adalah platform gratis oleh Google untuk membantu pemilik situs web memantau, memelihara, juga mengoptimalkan visibilitas situs mereka dalam hasil pencarian Google. Alat ini memberikan data dan wawasan tentang kinerja situs, masalah teknis, dan analisis lalu lintas organik.

Tools dari Google ini memberikan berbagai manfaat, termasuk kemampuan untuk melihat performa kata kunci, mengetahui halaman mana yang paling banyak pengunjungnya, mengidentifikasi masalah teknis yang mungkin memengaruhi peringkat situs, serta menerima peringatan langsung dari Google jika ada masalah dengan situs Anda.

 

Cara Mendaftar dan Memverifikasi Situs

Untuk mulai menggunakannya, maka Anda harus mendaftar terlebih dahulu. Kunjungi akun Google Search Console lalu login ke akun Google Anda. Setelah itu, Anda dapat menambahkan properti situs web Anda. Setelah menambahkan situs, langkah selanjutnya adalah memverifikasi bahwa Anda adalah pemilik atau administrator situs tersebut. Google menawarkan beberapa metode verifikasi, termasuk:

  1. Tag HTML: Tambahkan tag meta ke header website.
  2. File HTML: Unggah file HTML ke direktori root situs Anda.
  3. Google Analytics: Gunakan akun Google Analytics yang sudah terhubung ke situs.
  4. Google Tag Manager: Gunakan akun Google Tag Manager yang sudah terhubung ke situs.

 

Memahami Dashboardnya

Setelah memverifikasi situs, lalu Anda akan diarahkan ke dashboard utama GWC. Di sini, Anda akan melihat ringkasan data penting tentang situs Anda, termasuk kinerja, cakupan, pengalaman halaman, juga penyempurnaan.

  1. Kinerja: Ini adalah data  situs Anda muncul di hasil pencarian, jumlah klik, impresi, rasio klik-tayang (CTR), juga berapakah posisi rata-ratanya.
  2. Cakupan: Menunjukkan jumlah halaman yang diindeks oleh Google dan memberi tahu Anda tentang masalah pengindeksan.
  3. Peningkatan: Menyediakan laporan tentang peningkatan pengalaman pengguna, termasuk juga Core Web Vitals.
  4. Keamanan dan Tindakan Manual: Memberi tahu Anda jika ada masalah keamanan atau tindakan manual oleh Google terhadap situs Anda.

 

Menggunakan Laporan Kinerja

Pada laporan kinerja Anda dapat menganalisis data tentang bagaimana pengguna menemukan situs Anda di hasil pencarian Google. Laporan ini mencakup metrik seperti jumlah klik, tayangan, CTR, termasuk posisi rata-ratanya. Anda dapat menyaring dan memfilter data kinerja berdasarkan berbagai parameter, seperti jenis perangkat, negara, halaman, juga kueri pencarian. Ini memungkinkan Anda untuk memahami dengan lebih baik bagaimana pengguna berinteraksi dengan situs Anda dari berbagai sudut pandang.

 

Memeriksa Cakupan Indeks

Laporan cakupan menunjukkan status pengindeksan halaman situs Anda. Di sini, Anda dapat melihat berapa banyak halaman yang terindeks, terkecualikan, maupun memiliki masalah pengindeksan. Laporan ini sangat penting untuk memastikan semua halaman penting di situs Anda diindeks oleh Google. Jika laporan cakupan menunjukkan masalah pengindeksan, Anda harus segera menanganinya. GWC akan memberikan detail tentang masalah tersebut dan langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk memperbaikinya. Ini mungkin termasuk memperbaiki halaman yang rusak, menghapus tag noindex yang tidak diinginkan, ataupun memperbaiki masalah dengan sitemap.

 

Mengoptimalkan Pengalaman Pengguna

Core Web Vitals adalah bagian dari laporan pengalaman pengguna yang menilai aspek-aspek penting dari pengalaman pengguna di situs Anda, seperti kecepatan muat halaman, interaktivitas, serta stabilitas visual. Laporan ini memberi tahu Anda tentang masalah yang mungkin memengaruhi pengalaman pengguna dan memberikan saran untuk perbaikan. GWC juga memberikan laporan tentang berbagai aspek lain dari pengalaman pengguna, termasuk mobile usability dan keamanan. Pastikan semua elemen ini teroptimalkan untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pengguna Anda.

 

Mengelola Sitemaps

Sitemap adalah file yang berisi daftar semua halaman di situs Anda yang ingin Anda indeks oleh Google. Mengirimkan sitemap ke GWC membantu memastikan bahwa semua halaman penting Anda terindeks dengan benar. Untuk mengirimkan sitemap, navigasikan ke bagian “Sitemaps” di dashboard dan masukkan URL sitemap Anda. Pastikan bahwa Google berhasil mengakses dan mengindeks semua halaman yang ada dalam sitemap. Jika ada masalah, maka Google akan memberi tahu Anda sehingga Anda dapat segera memperbaikinya.

 

Mengidentifikasi dan Memperbaiki Masalah Keamanan

GWC juga menyediakan laporan masalah keamanan website. Ini termasuk masalah seperti malware, peretasan, juga konten yang tidak aman. Periksalah secara rutin laporan dari GWC tersebut demi memastikan situs Anda aman bagi pengunjung. Jika masalah keamanan terdeteksi oleh Google, maka segeralah ambil langkah perlu dalam mengatasi masalahnya. Ini mungkin termasuk membersihkan malware, memperbarui perangkat lunak situs, maupun meningkatkan keamanan server Anda. Setelah masalah teratasi, lalu mintalah Google untuk meninjau kembali situs Anda melalui GWC.

 

Menggunakan Alat Pemeriksaan URL

Tools untuk memerikas URL untuk mengetahui keberhasilan pengindeksan halaman web Anda. Anda dapat melihat apakah URL telah terindeks oleh Google, apakah ada masalah dengan URL tersebut, juga bagaimana URL tampil di hasil pencarian. Jika Anda telah membuat perubahan pada halaman dan ingin Google mengindeks ulang halaman tersebut, maka Anda dapat menggunakan alat pemeriksaan URL untuk meminta pengindeksan ulang. Ini berguna untuk memastikan bahwa perubahan Anda segera tercermin dalam hasil pencarian Google.

 

Menerima dan Menangani Pemberitahuan Google

Google akan mengirimkan pemberitahuan kepada Anda jika ada masalah dengan situs Anda, seperti masalah pengindeksan, masalah keamanan, maupun tindakan manual. Maka dari itu, selalu pastikan untuk memeriksa pemberitahuan ini secara rutin dan mengambil tindakan yang perlu. Jika Google mengambil tindakan manual terhadap situs Anda, seperti penalti untuk konten berkualitas rendah atau pelanggaran pedoman Google, maka Anda harus segera menanganinya. Periksa laporan tindakan manual di GWC untuk memahami alasan tindakan tersebut dan ikuti petunjuk untuk memperbaiki masalah.

 

Menggunakan Data untuk Meningkatkan SEO

Data dari Google sangat berharga untuk upaya SEO Anda. Gunakan data kinerja, cakupan, juga pengalaman pengguna untuk mengidentifikasi area yang perlu kita tingkatkan dan merencanakan strategi optimasi Anda. Setelah melakukan perubahan dan optimasi, selanjutnya gunakan alat tersebut untuk mengukur hasilnya. Pantau metrik kinerja dan perhatikan apakah ada peningkatan dalam lalu lintas organik, peringkat kata kunci, juga pengalaman pengguna. Ini membantu Anda memahami efektivitas upaya SEO Anda dan membuat penyesuaian yang perlu.

 

Mengatasi Masalah Umum GWC

Salah satu masalah umum yang sering muncul di GWC adalah kesalahan crawl. Ini terjadi ketika Googlebot, perayap web Google, mengalami kesulitan dalam mengakses atau mengindeks halaman di situs Anda. Kesalahan crawl dapat terjadi karena berbagai alasan, seperti URL yang tidak ditemukan (404 error), masalah server (500 error), maupun juga akses yang diblokir oleh robots.txt. Untuk memperbaiki kesalahan crawl, maka Anda harus memeriksa laporan cakupan di GWC. Identifikasi halaman yang mengalami kesalahan dan perbaiki masalah yang mendasarinya. Misalnya saja, jika ada halaman yang tidak ditemukan, lalu periksalah apakah URL tersebut benar dan tidak mengandung kesalahan ketik. Jika masalah terjadi pada server, maka pastikan pula bahwa server Anda berfungsi dengan baik dan dapat diakses oleh Googlebot.

 

Mengoptimalkan Penggunaan GWC untuk SEO

GWC menyediakan data yang berguna tentang kata kunci yang membawa lalu lintas ke situs Anda. Analisis data ini untuk mengidentifikasi kata kunci yang berkinerja baik dan kata kunci yang memiliki potensi untuk ditingkatkan. Oleh karena itu, gunakanlah informasi ini untuk mengoptimalkan konten Anda dan meningkatkan peringkat kata kunci. Berdasarkan data kinerja, identifikasilah halaman yang memiliki CTR rendah tetapi banyak tayangan. Ini menunjukkan bahwa halaman tersebut muncul di hasil pencarian tetapi tidak menarik cukup banyak klik. Tinjau dan tingkatkan konten halaman tersebut untuk membuatnya lebih menarik dan relevan bagi pengguna.

 

Menggunakan Laporan Tindakan Manual

Laporan tindakan manual menunjukkan jika ada tindakan yang diambil oleh tim Google terhadap situs Anda karena pelanggaran pedoman kualitas Google. Tindakan manual bisa berupa penalti yang mengakibatkan penurunan peringkat atau penghapusan halaman dari hasil pencarian. Jika Anda menerima tindakan manual, lalu tinjau laporan tersebut dan identifikasi penyebabnya. Setelah memperbaiki masalah, maka kemudian ajukanlah permohonan peninjauan ulang. Jelaskan tindakan yang telah Anda ambil untuk memperbaiki masalah juga minta Google untuk meninjau kembali situs Anda.

 

Menggunakan Laporan Link

Laporan link di GWC menunjukkan tautan yang mengarah ke situs Anda (backlink) serta tautan internal di dalam situs Anda. Backlink berkualitas tinggi dapat meningkatkan peringkat situs Anda, namun sebaliknya, backlink berkualitas rendah atau berbahaya dapat merugikan. Jika Anda menemukan backlink yang merugikan di laporan link, maka pertimbangkan untuk menghapus atau menolaknya. Anda dapat menghubungi pemilik situs yang memberikan backlink tersebut lalu meminta mereka untuk menghapusnya. Jika tidak memungkinkan, berarti gunakan saja alat Disavow untuk menolak backlink tersebut.

 

Mengoptimalkan Situs untuk Penggunaan Mobile

Laporan kegunaan mobile di GWC membantu Anda memahami bagaimana situs Anda tampil dan berfungsi di perangkat mobile. Google sangat mementingkan pengalaman pengguna di perangkat mobile, sehingga penting untuk memastikan situs Anda mobile-friendly. Jika laporan menunjukkan masalah kegunaan mobile, maka segeralah perbaiki. Ini mungkin termasuk memperbaiki tampilan halaman di layar kecil, memastikan elemen-elemen interaktif cukup besar untuk disentuh, juga mengoptimalkan waktu muat halaman di perangkat mobile. Sebagai kesimpulan, situs yang mobile-friendly cenderung memiliki peringkat yang lebih baik di hasil pencarian mobile.

 

Mengelola Data Terstruktur

Data terstruktur membantu Google memahami konten di situs Anda dan menampilkan informasi yang lebih baik dalam hasil pencarian, seperti rich snippets. Gunakan laporan data terstruktur di Google Webmaster Console untuk memeriksa apakah ada masalah dengan data terstruktur di situs Anda. Jika Anda menemukan kesalahan dalam data terstruktur, maka perbaikilah dengan mengikuti pedoman yang diberikan oleh Google. Pastikan bahwa data terstruktur diimplementasikan dengan benar juga valid. Ini dapat meningkatkan visibilitas dan CTR situs Anda di hasil pencarian.

 

Menggunakan Fitur Inspeksi URL

Fitur inspeksi URL memungkinkan Anda untuk memeriksa status pengindeksan dan visibilitas halaman individual. Oleh karena itu, firur Ini berguna untuk melihat bagaimana Google melihat halaman Anda dan apakah ada masalah yang perlu diperbaiki. Jika Anda membuat perubahan signifikan pada halaman, selanjutnya gunakan fitur inspeksi URL untuk meminta Google mengindeks ulang halaman tersebut. Ini membantu memastikan bahwa perubahan Anda cepat tercermin dalam hasil pencarian Google.

 

Menggunakan Laporan Performa Video

Jika situs Anda memiliki konten video, laporan performa video dapat membantu Anda memahami bagaimana video Anda tampil di hasil pencarian. Terakhir, laporan ini menunjukkan metrik seperti tayangan video, klik, dan CTR untuk video Anda. Berdasarkan data dari laporan performa video, optimalkan konten video Anda untuk meningkatkan visibilitas dan keterlibatan. Ini mungkin termasuk memperbaiki judul video, deskripsi, tag, juga thumbnail untuk membuatnya lebih menarik bagi pengguna.

 

Kesimpulan Google Webmaster Console

GWC adalah alat yang sangat penting bagi pemilik situs web yang ingin meningkatkan visibilitas dan kinerja situs mereka di mesin pencari. Dengan memahami cara penggunaannya secara lengkap, maka Anda dapat memaksimalkan potensi situs Anda, meningkatkan SEO, juga memastikan bahwa situs Anda memberikan pengalaman terbaik kepada pengguna. Artikel ini telah memberikan panduan komprehensif tentang cara penggunaannya, dari pendaftaran dan verifikasi hingga mengoptimalkan pengalaman pengguna dan mengidentifikasi masalah keamanan. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, maka Anda dapat memastikan bahwa situs Anda selalu berada dalam kondisi optimal di mata Google. GWC memungkinkan Anda untuk terus memantau dan memperbaiki performa situs Anda, menjadikannya alat yang tak ternilai dalam strategi pemasaran digital Anda. Oleh karena itu, teruslah belajar dan eksplorasi fitur-fitur yang ditawarkan untuk tetap berada di depan kompetisi.