0812 1212 8714 info@tiwebpro.com

Cara Mencari Keyword SEO Paling Jitu

Pasti Anda pernah bertanya, mengapa beberapa website muncul di halaman pertama hasil pencarian Google sedangkan yang punya Anda jauh dari harapan ? Jawabannya adalah karena perbedaan strategi pencarian keyword. Pencarian keyword yang tepat adalah kunci untuk mendapatkan peringkat tertinggi di Google serta meningkatkan visibilitas online Anda.
Home » Tips & Tricks » Cara Mencari Keyword SEO Paling Jitu
#SEOtips #DigitalMarketing #OptimasiSEO #PencarianKeyword #GoogleSEO #AnalisisKeyword #RankingGoogle #StrategiSEO #PeningkatanPeringkat #KeywordResearch

Ketika Anda sedang membuat konten untuk website, riset keyword menjadi hal yang sangat penting. Namun, banyak orang merasa kesulitan untuk melakukannya. Nah, dalam artikel berikut ini kita akan membahas secara komprehensif tentang cara mencari riset keyword SEO yang benar demi mendapatkan kata kunci yang tepat dan potensial dalam rangka meningkatkan jumlah trafik website.

 

cara mencari keyword seo

 

Sebelum masuk ke dalam teknik-teknik riset keyword, penting untuk memahami pengertian dasarnya terlebih dahulu.

Kemampuan untuk melakukan riset keyword sangatlah penting dalam dunia konten dan pemasaran digital. Pasalnya, penggunaan keyword yang tepat dapat meningkatkan jumlah trafik website.

Dengan meningkatnya jumlah pengunjung website, bisnismu juga akan mendapatkan peningkatan dalam hal penjualan.

 

Apa Itu Riset Keyword?

Sebelum kita membahas tentang riset kata kunci (keyword), ada baiknya untuk memahami terlebih dahulu apa itu keyword atau kata kunci.

Keyword adalah kata atau frasa yang digunakan oleh pengguna internet untuk mencari informasi secara online.

Mesin pencari seperti Google menggunakan keyword untuk mengindeks halaman suatu website dan menampilkannya dalam hasil pencarian.

Riset keyword adalah proses untuk menentukan dan menganalisis kata kunci yang dimasukkan oleh pengguna internet ke mesin pencari. Tujuan dari riset keyword biasanya adalah untuk menerapkan strategi SEO atau untuk tujuan pemasaran secara umum.

Keyword merupakan salah satu aspek dasar dalam dunia SEO. Jika Anda membuat konten yang tidak dicari oleh siapapun, maka websitemu tidak akan mendapatkan trafik dari Google.

Berdasarkan penelitian dari blog Ahrefs, lebih dari 90% halaman di internet tidak mendapatkan trafik dari Google karena kesalahan dalam penggunaan keyword.

Sementara itu, aktivitas riset keyword pasti akan membantu memastikan bahwa terdapat permintaan pencarian terhadap konten yang Anda tulis. Sehingga, halaman website akan mendapatkan peringkat yang baik di hasil pencarian Google.

Hal ini akan memungkinkan adanya trafik yang konsisten dari pengunjung yang merupakan target pasar.

 

Fungsi Riset Keyword

Manfaat riset keyword akan membantu Anda menemukan keyword mana yang paling cocok untuk ditargetkan. Keyword tersebut juga memberikan ide wawasan mengenai apa kebutuhan audiens target dari pencarian Google.

Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam, simak beberapa fungsi dari riset kata kunci:

  1. Wawasan tentang Tren Pemasaran Melakukan riset akan memberikan ide dan wawasan tentang tren pemasaran, sehingga akan membantu Anda untuk fokus pada topik-topik yang relevan.
  2. Pertumbuhan Trafik Setelah Anda mengidentifikasi kata kunci yang paling sesuai untuk kontenmu, peringkat website akan naik dalam hasil pencarian. Akibatnya, website akan mendapatkan lebih banyak trafik.
  3. Akuisisi Pelanggan Anda dapat menyertakan call to action (CTA) dalam konten website untuk mengarahkan pengunjung menjadi pelanggan. Dengan menerapkan CTA, Anda tidak hanya meningkatkan kesadaran merek, tetapi juga mengarahkan mereka untuk membeli produk.

 

Cara Mencari Keyword di Google

Riset kata kunci memainkan peran yang sangat penting dalam pemasaran digital. Bagi pemula dalam SEO, berikut adalah langkah-langkah riset kata kunci secara lengkap:

Mengenali Target Pasar

Langkah pertama riset adalah memetakan target pasar. Anda perlu mengenali bisnismu dengan baik dan mengidentifikasi niche topik terkait.Beberapa hal yang perlu Anda ketahui untuk memetakan audiens target dari kontenmu antara lain:

  • Jenis kelamin
  • Usia
  • Minat
  • Perkiraan penghasilan
  • Topik-topik pembicaraan mereka
  • Kebutuhan mereka

Anda bisa mencoba untuk menempatkan diri Anda pada posisi pengunjunga untuk memperkirakan topik apa yang mereka cari terkait bisnismu.

Menentukan Seed Keyword

Setelah menemukan sejumlah topik niche terkait, mulailah brainstorming untuk menentukan seed keyword. Seed keyword ini lebih fokus daripada niche topik dan berfungsi sebagai cikal bakal dari langkah riset kata kunci.Sebagai contoh, jika bisnismu bergerak di bidang penjualan produk perlengkapan membuat kopi, maka seed keyword yang bisa Anda gunakan adalah “kopi”, “espresso”, “cappuccino”, dan “French press”.

Seed keyword ini tidak perlu langsung sesuai menargetkan optimasi mesin pencari untuk website Anda. Mereka hanya berfungsi sebagai titik awal untuk langkah riset kata kunci.

Tools Untuk Mencari Keyword

Alat-alat riset keyword akan membantu Anda menemukan kata kunci terkait dari seed keyword yang Anda masukkan.Ada beberapa metrik yang perlu Anda perhatikan saat melakukan riset, seperti:

  • Volume Pencarian: Menunjukkan seberapa banyak orang yang menggunakan keyword tersebut.
  • Keyword Difficulty: Faktor yang menunjukkan level kesulitan sebuah keyword untuk bersaing di halaman pertama hasil pencarian.
  • Keyword Suggestion: Memberikan saran kata kunci dari kata kunci utama yang Anda targetkan.
  • Search Engine Result Page (SERP): Melihat laman-laman yang menduduki halaman pertama hasil pencarian berdasarkan keyword yang Anda riset.

Beberapa alat riset keyword terbaik yang bisa Anda gunakan adalah:

    • Ubersuggest by NeilPatel: Alat riset keyword gratis yang memberikan metrik lengkap.
    • Google Keyword Planner: Alat riset gratis milik Google yang memberikan estimasi traffic dari keyword yang Andau gunakan.
    • Ahrefs: Alat riset keyword berbayar yang memberikan data lengkap dan terupdate setiap jam.
    • Semrush: Alat riset keyword yang menyediakan versi gratis dan berbayar dengan akses terbatas.

 

Tips Riset Keyword di Google untuk Masuk Halaman Pertama

Setelah melakukan riset kata kunci, penting untuk memilih keyword yang paling tepat untuk ditargetkan. Berikut adalah beberapa tips untuk memilih keyword yang sesuai:

  1. Pertimbangkan Metrics Keyword: Perhatikan metrik seperti volume pencarian, tingkat kesulitan, dan saran kata kunci.
  2. Prioritaskan Keywords Potensial: Pilih kata kunci yang sesuai dengan otoritas website Anda dan memiliki search intent yang sesuai.
  3. Memahami Search Intent: Pastikan kontenmu sesuai dengan search intent dari keyword yang Anda pilih.

Dengan langkah-langkah dan tips tersebut, Anda bisa belajar SEO dan menargetkan keyword dengan volume pencarian besar meskipun tingkat kesulitannya tinggi.

 

Kesimpulan & FAQ’s Cara Mencari Keyword SEO

FAQ’s

Apa itu pentingnya melakukan riset kata kunci untuk SEO?

Riset keyword penting karena membantu menemukan kata kunci yang paling relevan dan dicari oleh audiens target. Dengan kata kunci yang tepat, konten dapat lebih mudah terlihat pengguna di mesin pencari seperti Google.

Apa “seed keyword” Itu?

Seed keyword adalah kata kunci awal atau dasar yang bermanfaat sebagai titik awal dalam proses riset keyword. Ini adalah kata kunci umum yang berkaitan dengan topik atau industri tertentu yang kemudian akan berfungsi untuk menemukan kata kunci yang lebih spesifik dan relevan.

Mengapa penting untuk memperhatikan volume pencarian dan tingkat kesulitan kata kunci?

Volume pencarian memberikan gambaran tentang seberapa banyak orang yang mencari kata kunci tertentu setiap bulan, sementara tingkat kesulitan mengindikasikan seberapa sulitnya untuk bersaing di peringkat atas Google dengan kata kunci tersebut. Menggabungkan kedua metrik ini membantu dalam memilih kata kunci yang memiliki permintaan yang tinggi namun persaingan rendah.

Bagaimana cara menentukan kata kunci yang sesuai dengan search intent?

Untuk menentukan kata kunci yang sesuai dengan search intent, penting untuk memahami maksud atau tujuan pengguna saat melakukan pencarian. Ini bisa dilakukan dengan menganalisis hasil pencarian Google untuk kata kunci tertarget dan memastikan bahwa konten sudah sesuai dengan kebutuhan atau pertanyaan yang umum diajukan oleh pengguna.

Apakah alat riset keyword gratis dapat memberikan hasil yang akurat?

Meskipun alat riset keyword gratis dapat memberikan beberapa informasi yang berguna, seringkali data yang tersedia tidak sekomprehensif atau akurat seperti alat berbayar. Namun, mereka masih kita gunakan sebagai panduan awal untuk menemukan kata kunci yang potensial.

Berapa banyak kata kunci yang sebaiknya ditargetkan dalam satu artikel?

Tidak ada jumlah pasti kata kunci yang harus muncul dalam satu artikel, tetapi fokuslah pada satu atau dua kata kunci utama yang paling relevan dengan konten tersebut. Selain itu, menggunakan variasi kata kunci atau frase terkait juga bisa meningkatkan optimasi SEO.

Apakah analisa keyword hanya penting untuk SEO konten tertulis?

Tidak, riset keyword juga penting untuk berbagai jenis konten seperti video, gambar, dan konten audio. Kata kunci bermanfaat untuk membuat konten lebih mudah ditemukan oleh pengguna di berbagai platform online.

Berapa lama waktu untuk melihat hasil dari upaya riset keyword?

Waktu untuk melihat hasil dari upaya riset keyword dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor, termasuk seberapa kompetitif pasar target, seberapa konsisten konten terpublikasi, dan seberapa baik strategi SEO terimplementasikan. Dalam beberapa kasus, hasil dapat terlihat dalam beberapa minggu, sementara dalam kasus lain mungkin memerlukan beberapa bulan.

Kesimpulan

Riset keyword merupakan langkah krusial dalam strategi SEO untuk meningkatkan peringkat situs web di mesin pencari seperti Google. Dengan memahami konsep riset keyword dan menggunakan alat-alat yang tepat, Anda dapat mengidentifikasi kata kunci yang paling relevan dan dicari oleh audiens target. Kemudian, dengan membuat konten yang sesuai dengan kata kunci tersebut dan memperhatikan faktor-faktor seperti volume pencarian dan tingkat kesulitan, Anda dapat meningkatkan kemungkinan situs web Anda muncul di halaman pertama hasil pencarian Google. Dengan demikian, dengan melakukan riset keyword secara efektif, Anda dapat mengoptimalkan visibilitas online dan meningkatkan lalu lintas organik ke situs web Anda.

 

Referensi

Cara Menggunakan Google Trends Termudah – STEKOM
9 Cara Riset Keyword Akurat untuk Blog dan Website – Niagahoster.com
Cara Menggunakan Google Keyword Planner (Lengkap) – revou.co
Cara Riset Keyword Akurat untuk Blog dan Website – Undiksha