0812 1212 8714 info@tiwebpro.com

Cara Check Ranking Website Paling Jitu Dijamin Berhasil

Home » Tips and Tricks Websites » Cara Check Ranking Website Paling Jitu Dijamin Berhasil

Memeriksa ranking website di mesin pencari Google adalah langkah penting dalam strategi SEO. Dengan mengetahui posisi website kita di hasil pencarian, maka kita bisa mengoptimalkan strategi pemasaran online dan lebih meningkatkan lagi visibilitas website. Oleh karena itu, kita akan membahas cara check ranking website Anda.

 

check ranking website

 

Pentingnya Memeriksa Ranking Website

Lalu mengapa kita musti rajin-rajin mengecek rangking artikel kit di Google? Begini alasannya:

Mengetahui Keberhasilan Strategi SEO Anda

Kebiasaan check ranking website di hasil pencarian Google membantu mengukur keberhasilan strategi SEO. Jika website Anda peringkatnya semakin membaik maka itu tandanya strategi yang Anda pakai efektif. Namun sebaliknya, jika peringkatnya tidak berefek positif, itu artinya evaluasi strategi perlu kita lakukan.

Meningkatkan Trafik Website dan Visibilitasnya

Semakin tinggi peringkat di mesin pencari Google, maka akan semakin meningkat pula visibilitas website Anda. Jika sebaliknya, maka harus ada perbaikan agar trafik dan visilibitas website Anda bertambah sehingga meningkatkan potensi konversi.

 

Cara Memeriksa Ranking Website

Anda sudah paham mengapa pemeriksaan rangking website itu sangat penting. Pertanyaannya sekarang, bagaimana cara kita mengeceknya? Pengecekan bisa dengan bantuan alat dan bisa juga tanpa menggunakan tools tertentu.

Menggunakan Alat Online

Banyak tools online gratis maupun berbayar yang dapat kita gunakan untuk melakukan pengecekan dengan mudah. Beberapa yang terkenal adalah Google Search Console, SEMrush, juga Ahrefs. Alat-alat ini menyediakan laporan terperinci tentang posisi website Anda di hasil pencarian Google maupun search engine lainnya.

Menggunakan Pencarian Manual

Cara sederhana tapi agak melelahkan adalah menggunakan search engine Google. Ketikkan kata kunci yang relevan dengan website Anda dan lihat di halaman mana website Anda muncul. Hitung saja website Anda berada di posisi berapa.

 

Tools Online Gratis & Permium

Menggunakan cara manual sangat melelahkan. Anda perlu alat bantu untuk melakukannya. Berikut ini adalah tools gratis serta yang premium untuk check ranking website.

Google Search Console

GSC atau Google Search Console merupakan tools gratisan keluaran Google. Alat yang sangat membantu pemilik website memantau performa websitenya. Alat ini menyediakan data kata kunci yang pengguna gunakan untuk menemukan website Anda, posisi rata-rata situs web, trafik juga berapakah jumlah tayangan (impression) dalam waktu tertentu.

SEMrush

Ada yang berbayar ada juga yang versi gratisan. Sebaiknya untuk percobaan gunakan terlebih dahulu versi yang gratis. SEMrush merupakan alat SEO terpopuler dan menyediakan berbagai fitur untuk memeriksa ranking website Anda. Laporan yang diberikan amat terperinci tentang keyword, backlink, dan analisa kompetitor. Baca juga ini: Hanya Menggunakan Semrush Gratisan Anda Mendapatkan 12 Keuntungan

Ahrefs

Tools yang juga paling banyak penggunaannya oleh dedengkot SEO Ahrefs menyediakan data-data tentang kata kunci, backlink, serta performa website secara keseluruhan.

 

Faktor yang Mempengaruhi Ranking Website

Setelah Anda melakukan pengecekan, lakukan analisa segera. Jika rangking web Anda buruk kemungkinan penyebabnya adalah sebagai berikut:

Kualitas Konten yang Buruk

Hanya konten yang informatif bagi pembaca, relevan dan yang menarik yang pengunjung sukai.  Konten yang buruk itu tidak bernilai juga tidak relevan dengan yang pengguna cari. Konten yang berkualitas pasti mememiliki daya tarik, seperti penggunaan gambar yang informatif, video, dan infografis

Backlink

Tautan balik atau backlink berpengaruh terhadap ranking web asal relevan juga berkualitas tinggi. Backlink dianggap sebagai vote of confidence oleh mesin pencari, yang menunjukkan bahwa website Anda berotoritas sesuai nichenya. Backlink dari website yang berkualitas tinggi membantu meningkatkan otoritas website Anda. Oleh Google backlink dianggap sebagai indikator bahwa website Anda memiliki konten yang bernilai serta dapat dipercaya.

Kata Kunci Belum Optimal

Selalu gunakan keyword yang relevan dengan topik dan alami: di judul, subjudul, juga tentu saja isi konten itu sendiri.

Kecepatan Website Buruk

Kecepatan website adalah faktor penting lainnya dalam ranking. Website yang lambat akan menyebabkan pengguna meninggalkan halaman. Ini tentu saja berdampak negatif pada ranking web juga bouncing ratenya. Kecepatan website yang ideal akan meningkatkan pengalaman pengunjung yang positif.

Kemudian Google secara resmi mengumumkan kalau kecepatan website masuk dalam faktor pemeringkatan mereka. Website yang lebih cepat speednya, maka akan memiliki peluang lebih tinggi untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik di hasil pencarian.

Website Belum Mobile-Friendly

Sepele tapi ini sangat penting. Kini semakin banyak pengguna internet yang mengakses website via perangkat mobile. Website yang mobile-friendly akan memberikan pengalaman menyenangkan kepada pengguna dan ini bisa meningkatkan ranking di mesin pencari Google. Asal Anda tahu, Google menggunakan mobile-first indexing. Google terutama menggunakan versi mobile dalam pengindeksan.

Struktur URL yang SEO-Friendly

Struktur URL yang bersih dan sederhana akan mempercepat dan memudahkan mesin pencari untuk meng-crawl juga mengindeks halaman website Anda.

Gunakan Medsos untuk Meningkatkan Ranking

Media sosial dapat menjadi sumber trafik yang signifikan. Membagikan konten di platform medsos akan menarik visitor.

Keberadaan aktif di medsos dapat meningkatkan otoritas website Anda. Oleh karena itu, interaksi dan keterlibatan pengguna di media sosial juga dapat berdampak positif pada ranking di mesin pencari Google.

 

Kesimpulan Mengenai Check Ranking Website

Memeriksa dan meningkatkan ranking website di mesin pencari Google adalah langkah penting dalam SEO. Dengan memahami faktor-faktor yang mempengaruhi ranking dan menerapkan tips serta trik yang telah kami bahas, maka Anda dapat meningkatkan visibilitas & performa website Anda. Gunakanlah selalu alat-alat SEO yang tersedia untuk memantau secara rutin dan mengoptimalkan strategi Anda.